readitanreap.blogspot.com adalah blog yang memberikan informasi mengenai berbagai macam penyakit kanker dari mulai gejala penyakit kanker, penyebab kanker dan cara penanganan penyakit kanker.

Kamis, 05 April 2018

Gejala Kanker Lambung dan Penyebabnya Waspadalah

Gejala Kanker Lambung dan Penyebabnya Waspadalah - Kanker lambung pada dasarnya merupakan salah satu jenis kanker yang menggerogoti lambung, yaitu organ pencernaan berbentuk kantong yang lokasinya berada di tengah rongga perut manusia. Penyakit ini dapat diidap oleh orang-orang pada segala usia, meskipun sebagian besar penderitanya berkisar pada usia 55 tahun ke atas. 

Dari berbagai jenis kanker lambung yang ada, jenis kanker lambung yang paling umum terjadi adalah adenocarcinoma, yaitu kondisi ketika kanker menyerang sel-sel pada lapisan yang berada dalam lambung yang memproduksi cairan seperti lendir (mukus). Selain adenocarcinoma, terdapat juga beberapa jenis kanker lambung lainnya meski jarang didapati pada penderita penyakit ini. Di antara jenis-jenis tersebut:
  • Tumor stroma gastrointestina (GIST), merupakan jenis kanker yang menyerang jaringan ikat atau otot-otot yang terletak pada dinding perut.
  • Limfoma lambung, merupakan jenis kanker yang menyerang jaringan limfatik atau jaringan yang berfungsi untuk membantu melawan infeksi.
  • Carcinoid, merupakan jenis kanker yang menyerang sel-sel penghasil hormon di dalam lambung.

Gejala Kanker Lambung

Berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat dirasakan penderita kanker lambung pada tahap awal, diantaranya yaitu sering merasa kembung dan sering bersendawa, perut lebih terasa mulas bahkan sakit-sakit, terasa nyeri pada tulang dada, sering merasa cepat kenyang ketika makan, mual yang kadang disertai dengan muntah-muntah, sulit ketika akan menelan makanan, gangguan pencernaan yang sering kumat dan terjadi secara terus-menerus, seringkali merasa lelah.

Sedangkan beberapa gejala kanker lambung pada tahap yang jauh lebih parah diantaranya yaitu muntah yang terkadang disertai darah, sering lemas karena anemia, sakit kuning, hilangnya nafsu makan, warna tinja menjadi hitam dan terkadang terdapat darah pada tinja, penurunan berat badan secara signifikan, serta pembengkakan pada perut sebagai akibat dari penumpukan cairan.

Gejala kanker lambung pada tahap awal ini biasanya akan sulit dikenali karena hampir sama dengan masalah pada lambung lainnya, misalnya masalah yang dirasakan pada tukak lambung. Karena itu diperlukan pemeriksaan dokter untuk memastikan diagnosis apakah memang terjadi kanker atau tidak. Maka segera periksakan diri Anda jika memang seringklai merasakan gejala-gejala di atas.

Penyebab kanker lambung

Penyebab kanker lambung untuk saat ini sebenarnya masih belum dapat diketahui secara pasti. Namun secara umum, kanker lambung iniakan terjadi ketika sel-sel pada bagian tertentu di lambung berkembang secara tidak terkendali. Sehingga akibat dari pertumbuhan berlebihan tersebut, sel-sel yang tadinya memiliki sifat normal untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik, justru menjadi terakumulasi menjadi tumor. Jika dibiarkan tanpa pengobatan, tumor tersebut dapat menjalar ke bagian tubuh lain melalui sistem limfatik.

Faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kanker lambung yaitu merokok, karena  zat-zat berbahaya yang terdapat di dalam asap rokok tersebut dapat terhirup dan dapat merusak sel-sel yang berada di dinding lambung. Karena itu seorang perokok akan memiliki risiko dua kali lipat lebih besar untuk terkena kanker lambung dibandingkan mereka yang tidak merokok sama sekali.

Gejala Kanker Lambung dan Penyebabnya Waspadalah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sarah Veronica

0 komentar:

Posting Komentar